Ahad, 26 November 2017

Bolehkah daging aqiqoh di buat walimah/pesta???

*BOLEHKAH DAGING AQIQOH DIGUNAKAN UNTUK ACARA WALIMAH ATAU PESTA?*

Menurut madzhab Imam Asy-Syafi'i hal tersebut tidak mengapa, namun memang lebih afdhol jika diantarkan kepada fakir dan miskin dalam keadaan sudah dimasak. Sebagaimana termaktub dalam kitab Fathul Mu'in :

  ويندب لمن تلزمه نفقة فرعه أن يعق عنه من وضع إلى بلوغ وهي كضحية ولا يكسر عظم
والتصدق بمطبوخ يبعثه إلى الفقراء أحب من ندائهم إليها ومن التصدق نيئا.

"Disunahkan bagi orang tua untuk menyembelih aqiqoh anaknya mulai masa kelahiran hingga dewasa/baligh, aqiqoh seperti halnya udhiyyah/qurban, jangan dipecah tulangnya, disedahkan dalam bentuk masakan dan diantarkan pada orang-orang fakir lebih disukai daripada mengundang mereka atau memberikannya dalam bentuk mentah."

Didalam kitab Fiqh Al-Islam wa Adillatuhu karya Syaikh Dr. Wahbah Az-Zuhaili juga menerangkan hukum menghidangkan daging aqiqoh dalam walimah :

حكم اللحم كالضحايا، يؤكل من لحمها، ويتصدق منه، ولا يباع شيء منها. ويسن
طبخها، ويأكل منها أهل البيت وغيرهم في بيوتهم، وكره عند المالكية عملها وليمة
يدعو الناس إليها. ويجوز عند المالكية: كسر عظامها، ولا يندب. وقال الشافعية
والحنابلة:يجوز اتخاذ الوليمة، ولا يكره كسر العظام، إذ لم يثبت فيه نهي
مقصود، بل هو خلاف الأولى، ويستحب أن تفصل أعضاؤها، ولا تكسر عظامها، تفاؤلاً
بسلامة أعضاء المولود.ً

"Hukumnya seperti halnya daging qurban boleh dimakan dagingnya (bila tidak berupa aqiqah nadzar) dan disedekahkan sebagiannya, jangan ada yang dijual, disunahkan memasak dagingnya dimakan sekeluarga dan lainnya dalam rumah.

"Menurut kalangan Malikiyyah makruh hukumnya menjadikan aqiqoh sebagai bentuk walimah dengan mengundang orang menikmatinya namun menurut kalangan ini boleh memecah tulang-tulang binatang aqiqoh tapi tidak disunahkan.

"Menurut kalangan Syafi’iyyah dan Hanabilah boleh dijadikan walimah karena tidak terdapat dalil pelarangan tentangnya hanya saja hukumnya khilāf aulā (lebih utama tidak seperti itu) tapi tulang hewan aqiqohnya jangan dipecah sebagai bentuk pengharapan baik atas keselamatan anggota tubuh anak yang dilahirkan."

Walloohu a'lam

Tiada ulasan:

Catat Ulasan