Rabu, 6 Disember 2017

Kewajiban membayar kaffarrat

Kewajiban Membayar Kaffarot Dengan Sengaja Berbuka Dengan Makan,Minum Dll

Terjadi perbedaan pendapat dalam wajibnya membayar kaffarot disebabkan sengaja makan atau minum dll menjadi dua pendapat :

1-Wajib membayar kaffarot disebabkan sengaja makan,minum dll di siang hari bulan ramadhan

Pendapat ini didukung oleh Ulama Madzhab Hanafi,Maliki,Imam Atho',Imam Hasan,Imam Zuhri,Imam Tsauri,Imam Auza'ie,Imam Ishaq & Imam Abi Tsaur

Mereka menggunakan dalil
1- Diriwayatkan oleh Abi Hurairah : Bahwasanya ada seorang lelaki yg membatalkan puasanya pada siang hari ramadhan,kemudian Nabi menyuruhnya agar memerdekakan budak
2- Dalam sebuah hadits Nabi : siapa yg membatalkan puasanya ketika ramadhan maka ia wajib membayar seperti apa yg diwajibkan bagi seorang yg berdzihar

Alasan menjadikan kedua hadits ini sebagai dalil : pada hadits yg pertama Nabi memerintahkan kpd org yg membatalkan puasanya pada bulan ramadhan agar memerdekakan budak, tanpa membedakan batalnya disebabkan apa atau apa,
Pada hadits yg kedua Nabi mengharuskan membayar denda bagi org yg membatalkan puasanya pada siang hari ramadhan seperti denda org yg melakukan dzihar,dan org yg berdzihah itu diwajibkan membayar kaffarot, maka dari itu kaffarot diwajibkan bagi org yg membatalkan puasanya.

Ulama berkata : wajibnya kaffarot itu kaitannya dg merusak kemulyaan bulan ramadhan bukan berkaitan dg jima',karena yg diharamkan adalah perusakan trhdp kemulyaannya tersebut bukan jima'nya,maka dari itu,ia wajib membayar kaffarot dikarenakan menjima' istrinya apabila dilakukan di siang hari,karena adanya perusakan terhadap kemulyaan bulan ramadhan, dan tidak diwajibkan membayar kaffarot apabila dilakukan pda malam hari, karena tidak adanya perusakan terjadap kemulyaan bulan ramadhan.

Tidakkah kau perhatikan bahwasanya Nabi menjadikan alasan diwajibkannya kaffarot dg perkataannya " siapa yg membatalkan puasanya pada bulan ramadhan " .maka dari itu terbantahlah pendapat yg mengatakan kaffarot itu kaitannya dg jima'

2-tidak diwajibkan membayar kaffarot dg sengaja makan,mium dll pda siang hari bulan ramadhan

Yg didukung oleh Ulama Madzhab Syafi'i,Hanbali, Imam Sa'id Bin Jubair,Imam Nakho'ie,Imam Ibnu Sirin,Imam Hammad dan Imam Daud.

Mereka beralasan bahwasanya hukum asal dari membatalkan puasa adalah tidak wajib membayar kaffarot kecuali dalam perkara  tertentu yg ditentukan oleh syari'at,dan dalam syari'at telah ditentukan wajibnya membayar kaffarot ketika menjima',sedangkan selain jima' tidak sama dg jima',karena jima' lebih berat (konsekuensi hukumnya)

Al Mausu'ah Al Fiqhiyyah al Kuwaitiyah, juz 35 hal 56 - 60
______________________________________

وُجُوبُ الْكَفَّارَةِ بِتَعَمُّدِ الإِْفْطَارِ بِالأَْكْل وَالشُّرْبِ وَنَحْوِهِمَا:
٢٥ - لاَ خِلاَفَ بَيْنَ الْفُقَهَاءِ فِي عَدَمِ وُجُوبِ الْكَفَّارَةِ عَلَى مَنْ أَكَل أَوْ شَرِبَ فِي نَهَارِ رَمَضَانَ نَاسِيًا أَوْ جَاهِلاً أَوْ مُخْطِئًا.
وَإِنَّمَا الْخِلاَفُ بَيْنَهُمْ فِي وُجُوبِهَا بِتَعَمُّدِ الأَْكْل أَوِ الشُّرْبِ وَنَحْوِهِمَا عَلَى قَوْلَيْنِ.

الْقَوْل الأَْوَّل: وُجُوبُ الْكَفَّارَةِ بِتَعَمُّدِ الأَْكْل وَالشُّرْبِ وَنَحْوِهِمَا فِي نَهَارِ رَمَضَانَ.
وَإِلَيْهِ ذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ (١) ، وَالْمَالِكِيَّةُ (٢) ، وَبِهِ قَال عَطَاءٌ وَالْحَسَنُ وَالزُّهْرِيُّ وَالثَّوْرِيُّ وَالأَْوْزَاعِيُّ وَإِسْحَاقُ وَأَبُو ثَوْرٍ (٣) .
وَاسْتَدَلُّوا بِمَا رُوِيَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلاً أَفْطَرَ فِي رَمَضَانَ فَأَمَرَهُ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ أَنْ يُعْتِقَ رَقَبَةً (٤) .
وَبِمَا رُوِيَ مِنْ قَوْل الرَّسُول صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ أَفْطَرَ فِي رَمَضَانَ مُتَعَمِّدًا فَعَلَيْهِ مَا عَلَى الْمُظَاهِرِ (٥) .
وَوَجْهُ الدَّلاَلَةِ مِنْ هَذَيْنِ الْحَدِيثَيْنِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ فِي الْحَدِيثِ الأَْوَّل مَنْ أَفْطَرَ فِي نَهَارِ رَمَضَانَ أَنْ يُعْتِقَ رَقَبَةً دُونَ أَنْ يُفَرِّقَ بَيْنَ إِفْطَارٍ وَإِفْطَارٍ، وَجَعَل جَزَاءَ الْفِطْرِ مُتَعَمِّدًا فِي الْحَدِيثِ الثَّانِي جَزَاءَ الْمُظَاهِرِ مُطْلَقًا، وَالْمُظَاهِرُ تَجِبُ عَلَيْهِ الْكَفَّارَةُ، فَتَجِبُ عَلَى كُل مَنْ أَفْطَرَ بِأَكْلٍ أَوْ بِغَيْرِهِ.
وَقَالُوا: إِنَّ الْكَفَّارَةَ تَتَعَلَّقُ بِالإِْفْسَادِ لِهَتْكِ حُرْمَةِ الشَّهْرِ عَلَى سَبِيل الْكَمَال لاَ بِالْجِمَاعِ، لأَِنَّ الْمُحَرَّمَ هُوَ الإِْفْسَادُ دُونَ الْجِمَاعِ، وَلِهَذَا تَجِبُ عَلَيْهِ بِوَطْءِ مَنْكُوحَتِهِ وَمَمْلُوكَتِهِ إِذَا كَانَ بِالنَّهَارِ لِوُجُودِ الإِْفْسَادِ، لاَ بِاللَّيْل لِعَدَمِهِ، بِخِلاَفِ الْحَدِّ، أَلاَ تَرَى أَنَّهُ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ جَعَل عِلَّةً لَهَا بِقَوْلِهِ: مَنْ أَفْطَرَ فِي رَمَضَانَ. . . الْحَدِيثَ، فَبَطَل الْقَوْل بِتَعَلُّقِهَا بِالْجِمَاعِ.
وَلاَ نُسَلِّمُ أَنَّ شَهْوَةَ الْفَرْجِ أَشَدُّ هَيَجَانًا وَلاَ الصَّبْرَ عَنِ اقْتِضَائِهِ أَشَدُّ عَلَى الْمَرْءِ، بَل شَهْوَةُ الْبَطْنِ أَشَدُّ، وَهُوَ يُفْضِي إِلَى الْهَلاَكِ، وَلِهَذَا رَخَّصَ فِيهِ فِي الْمُحَرَّمَاتِ عِنْدَ الضَّرُورَةِ لِئَلاَّ يَهْلِكَ، بِخِلاَفِ الْفَرْجِ، وَلأَِنَّ الصَّوْمَ يُضْعِفُ شَهْوَةَ الْفَرْجِ، وَلِهَذَا أَمَرَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ الْعَزَبَ بِالصَّوْمِ وَالأَْكْل يُقَوِّي شَهْوَةَ الْبَطْنِ، فَكَانَ أَدْعَى إِلَى الزَّاجِرِ (١) .

الْقَوْل الثَّانِي: عَدَمُ وُجُوبِ الْكَفَّارَةِ بِتَعَمُّدِ الأَْكْل وَالشُّرْبِ وَنَحْوِهِمَا فِي نَهَارِ رَمَضَانَ.
وَإِلَيْهِ ذَهَبَ الشَّافِعِيَّةُ (٢) ، وَالْحَنَابِلَةُ (٣) ، وَبِهِ قَال سَعِيدُ بْنُ جُبَيْرٍ وَالنَّخَعِيُّ وَابْنُ سِيرِينَ وَحَمَّادٌ وَدَاوُدُ (٤) .
وَاسْتَدَلُّوا بِأَنَّ الأَْصْل عَدَمُ الْكَفَّارَةِ إِلاَّ فِيمَا وَرَدَ بِهِ الشَّرْعُ، وَقَدْ وَرَدَ الشَّرْعُ بِإِيجَابِ الْكَفَّارَةِ فِي الْجِمَاعِ، وَمَا سِوَاهُ لَيْسَ فِي مَعْنَاهُ، لأَِنَّ الْجِمَاعَ أَغْلَظُ،
 
الموسوعة الفقهية الكويتية  ج ٣٥ ص ٥٩ - ٦٠

Wallahu a'lam

Tiada ulasan:

Catat Ulasan